Tips Menjaga Diet Saat Akhir Pekan

Tips Menjaga Diet Saat Akhir Pekan

Akhir pekan sering kali dijadikan sebagai ‘cheating day’ bagi mereka yang berdiet. Dengan alasan karena libur, maka dengan bebasnya bisa makan sepuasnya tanpa perlu mengaturnya. Faktanya, sia-sia saja diet Anda selama lima hari, jika hari sabtu dan minggu dihabiskan dengan banyak banyak, terlebih lagi makan manis dan berlemak.

Berdasarkan penelitian, orang cenderung mengonsumsi asupan kalori dua kali lebih banyak dari Jumat malam hingga Minggu, daripada hari-hari lainnya. Bahkan hasil survei menunjukkan responden ngemil dan minum hingga 10.000 kalori saat weekend. Bagaimana menjaga agar tetap fokus pada diet? Ini tipsnya.

1. Sarapan Lebih Banyak
Menurut Kim Gorman, MS, RD, Direktur Program Manajemen di Center for Human Nutrition di University of Colorado di Denver, orang yang sarapan secara rutin akan memakan makanan yang lebih sehat dan lebih sedikit sepanjang hari daripada mereka yang tidak melakukannya. Pastikan saja Anda sarapan lebih banyak daripada sarapan di hari biasa. Sebaiknya Anda memilih menu sarapan dengan karbohidrat yang lama dicerna. Hal ini ternyata bisa membakar kalori lebih banyak jika Anda berolahraga satu jam setelah sarapan.

2. Makan Sebelum Pergi
Makan sebelum pergi adalah cara lain untuk menjaga diet Anda tetap terkontrol. Pilihlah makanan ringan yang kaya akan protein untuk dikonsumsi, seperti beberapa irisan dada ayam, sayur dan karbohidrat yang kaya serat seperti makanan olahan gandum bisa menjadi pilihan menu sehat Anda. Strategi ini dapat Anda gunakan untuk menjaga kadar gula berlebih dan tentu saja dapat mencegah Anda untuk mengendalikan nafsu makan yang tak terkendali saat sedang berada di luar rumah atau di mall.

3. Timbang Berat Badan
Meskipun Anda takut melihat angka pada papan timbangan, namun menimbang berat badan di akhir pekan merupakan hal yang penting. Jika Anda menimbang berat badan, maka Anda akan mengetahui kesuksesan diet di akhir pekan. Melihat angka timbangan membuat Anda termotivasi untuk tetap fokus pada makan sehat.

“Sebuah cara yang bagus untuk mengetahui apa yang terjadi selama seminggu adalah dengan menimbang berat badan di Jumat pagi dan menimbangnya lagi pada Senin pagi,” ujar Gorman.

4. Boleh Makan Dessert
Bagaimana dengan makan kue-kue manis di akhir pekan? Apakah dilarang? Makan sepotong cheesecake, atau satu scoop es krim vanilla butterscotch untuk memuaskan kesukaan pada makanan manis juga bukan hal yang dilarang. Hanya saja ketika dikonsumsi secara berlebihan, makanan berkalori tinggi tersebut akan menumpuk jadi lemak, menyebabkan kegemukan dan berbagai masalah kesehatan.

5. Tetap Aktif
Tak jarang liburan dijadikan untuk bermalas-malasan dan olahraga pun menjadi kegiatan yang sangat membosankan. Ujung-ujungnya, Anda pun jadi berpikir tentang makanan. Oleh karena itu, ajaklah keluarga untuk mengisi liburan dengan melakukan hal yang menyenangkan. Ice skating atau bermain sepeda bersama keluarga bisa solusi membakar lemak sekaligus menyenangkan.