Menurut Penelitian, Ini Olahraga yang Bisa Bikin Anda Lebih Pintar

Menurut Penelitian, Ini Olahraga yang Bisa Bikin Anda Lebih Pintar

Anda mungkin sudah mengetahui pentingnya olahraga untuk kesehatan. Selain agar bugar dan terhindar penyakit, olahraga juga baik untuk mengusir dan menghindari rasa stres berlebihan. Manfaat olahraga pun ternyata bukan hanya itu saja. Menurut penelitian terbaru, olahraga berlari bahkan bisa membuat otak Anda lebih pintar.

Berlari memang sudah terbukti baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Olahraga tersebut pun sering diterapkan orang-orang yang ingin menurunkan bera badan karena bisa membakar kalori. Latihan yang dikenal bisa menguatkan tulang dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular itu juga mudah dan murah untuk dilakukan karena tak perlu memakai alat.

Riset yang dilakukan National Institute of Health pun mengungkap manfaat baru dari berlari. Para peneliti mengatakan jika beberapa zat yang dilepas aliran darah ketika olahraga bisa menuju ke otak. Mereka kemudian meminta para partisipan yang punya kemampuan koginitif berbeda-beda untuk jogging empat kali seminggu selama empat bulan. Hasilnya, nilai tes kognitif mereka semakin meningkat setelah semakin sering berlari.

Para peneliti kemudian menyorot enzim Cathepsin B yang biasanya dapat membantu menghilangkan pegal otot. Mereka menemukan jika partisipan yang rutin berlari menghasilkan Cathepsin B dan punya nilai tes yang semakin tinggi di saat yang bersamaan. Ada kemungkinan keduanya saling berkaitan.

Menurut investigator Henriette van Praag sebagai pemimpin studi, otak manusia memang lebih efektif ketika jumlah Cathepsin B cukup banyak. “Ada alasan yang bagus mengapa sedikit latihan lebih baik dari pada tidak sama sekali,” kata Henriette.