Manfaat Ngemil Edamame untuk Penurunan Berat Badan

Manfaat Ngemil Edamame untuk Penurunan Berat Badan

Siapa bilang ngemil sehat pasti tidak lezat? Lain halnya jika Anda mengonsumsi edamame sebagai camilan. Kacang kedelai khas Jepang ini direkomendasikan pakar nutrisi sebagai camilan sehat yang bisa disantap setiap hari. Terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Nutritionist asal Inggris, Shona Wilkinson mengatakan bahwa edamame bisa jadi camilan sehat dengan cara dikukus, atau dijadikan tambahan dalam sup. Kacang kedelai berukuran besar dan berwarna hijau ini juga bisa ditambahkan pada salad, atau dipanggang.

“Edamame tinggi akan serat, yang akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan bisa mencegah makan serta ngemil berlebihan,” ujar Shona, seperti dikutip dari Daily Mail.

Shona menambahkan bahwa ngemil edamame merupakan cara yang bagus untuk menjaga nafsu makan tetap terkontrol. Terlebih lagi edamame juga tinggi protein, membantu perut terasa kenyang lebih lama sehingga ideal dimakan di sela-sela jam sarapan dan makan siang, atau sore hari sebelum makan malam. Setengah cangkir edamame sudah bisa mencukupi kebutuhan serat, protein, vitamin dan mineral dalam sehari.

Tak hanya sehat untuk diet penurunan berat badan, edamame juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Dikutip dari She Knows, penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa kandungan protein dalam kedelai atau edamame bisa memengaruhi sistem imun dan hormon yang berhubungan dengan emosi. Lebih dari itu, kedelai juga berkhasiat meningkatkan fungsi otak.

Namun yang perlu diperhatikan, kacang kedelai merupakan produk pangan yang sudah banyak mengalami rekayasa genetik demi keperluan industri. Apabila dikonsumsi terlalu banyak bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Oleh sebab itu, konsumsilah edamame secukupnya (maksimal satu mangkok kecil sehari) atau agar lebih aman, pilih yang organik.