7 Tips Tetap Nyaman Olahraga Saat Menstruasi

7 Tips Tetap Nyaman Olahraga Saat Menstruasi

Wanita biasanya jadi lebih malas berkegiatan saat tengah menstruasi. Jangankan olahraga, bergerak saja rasanya enggan karena rasa lemas, nyeri perut atau pegal di seluruh tubuh. Untuk Anda yang ingin tetap berolahraga meski tengah datang bulan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan agar latihan berjalan lancar dan nyaman. Berikut adalah tips tetap nyaman olahraga saat menstruasi:

1. Obat Pereda Rasa Sakit
Olahraga dengan rasa nyeri di perut tentu tidak menyenangkan. Jika Anda ingin latihan dengan lebih nyaman bisa mengandalkan obat pereda rasa sakit, seperti paracetamol. Minum obat tersebut sekitar 30 menit sebelum mulai olahraga. Bahkan jika tidak sedang datang bulan, cara tersebut bisa memperpanjang waktu latihan sehingga olahraga bisa lebih maksimal.

2. Pilih Pakaian
Selain karena rasa sakit, wanita juga kerap malas berolahraga sebab takut ‘tembus’. Hal ini masih bisa dihindari dengan cara memakai pembalut ekstra panjang demi mencegah terjadinya kebocoran. Selain itu, gunakanlah busana berwarna gelap dan kaus yang lebih panjang untuk menutupi noda darah jika memang Anda ‘tembus’.

3. Ganti Olahraga
Hormon pada saat menstruasi mempengaruhi tingkat energi. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengganti rutinitas olahraga dengan yang lebih ringan. Beberapa latihan yang cocok dilakukan ketika datang bulan adalah yoga, pilates, serta renang.

4. Manfaat Olahraga Saat Menstruasi
Enggan berkegiatan selama menstruasi memang wajar. Namun jangan menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk Anda tidak bergerak sama sekali. Menurut psikolog olahraga Stacy Sims, seimbangnya hormon oestrogen dan progesteron saat datang bulan justru membuat penyimpanan lemak lebih baik. Hal tersebut akan membuat Anda bisa latihan dengan lebih keras dan membakar kalori lebih banyak.

5. Banyak Minum Air Putih
Perbanyak pula minum air putih selama atau setelah olahraga saat menstruasi. Apalagi wanita memang disarankan memperbanyak konsumsi air ketika datang bulan agar sistem pencernaan tetap berjalan normal. Selain minum minimal dua liter air sehari, dianjurkan juga untuk mengurangi konsumsi garam dan kafein untuk meminimalisir pembengkakan.

6. Peregangan
Stretching kala menstruasi baik dilakukan karena bisa meredakan kram perut. Apalagi ketika Anda ingin berolahraga. Dilansir Cosmopolitan, merenggangkan badan dengan tubuh terbalik atau handstand bisa mengurangi rasa nyeri di perut dengan baik.

7. Jangan Dipaksakan
Meski olahraga baik dilakukan saat menstruasi, hindari memaksakan jika memang tubuh Anda tidak mampu menerimanya. Tunda keinginan untuk latihan sampai badan Anda tidak sakit atau lemas, biasanya di tengah atau akhir menstruasi.