4 Manfaat Mentimun untuk Diet dan Kulit Cantik

4 Manfaat Mentimun untuk Diet dan Kulit Cantik

Mentimun merupakan salah satu sayuran yang sering digunakan pada banyak menu makanan sehat. Mentimun menjadi bahan inti dalam salad, sup, lalapan hingga rujak.

Namun keberadaan mentimun di makanan sering kali diabaikan, bahkan hanya dijadikan garnish. Rasa mentimun yang cenderung hambar menjadikan sayuran yang banyak mengandung air ini bukan bahan favorit untuk dimakan. Padahal mentimun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, dan menjadi favorit dalam diet para selebriti mulai dari Gwyneth Paltrow sampai Jennifer Lopez.

“Mentimun sayuran keempat yang paling banyak dibudidayakan di dunia, dan salah satu superfood paling disukai, karena alasan yang baik. Mentimun mengandung properti yang menghidrasi tubuh, nutrisi penting dan rendah kalori, membuatnya jadi bahan pokok dalam setiap diet,” jelas Robyn McConhie, profesor Horticulture dari University of Sydney, seperti dikutip dari news.com.au.

Ini berbagai manfaat mentimun yang dipaparkan Robyn, untuk membuat Anda semangat makan mentimun demi kesehatan:

1. Membantu Penurunan Berat Badan
Mentimun mengandung 95 persen air dan rendah kalori. Selain itu mentimun juga kaya akan serat, sehingga cocok sebagai camilan sehat yang mengenyangkan. Saat perut kenyang, keinginan untuk ngemil pun berkurang yang artinya asupan kalori juga bisa dibatasi. Jennifer Aniston, mengaku makan tiga buah mentimun setiap hari untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dan mencegah dehidrasi.

2. Membantu Mengurangi Selulit
Selulit biasanya muncul setelah melahirkan, karena kelebihan berat badan atau terjadinya penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh tertentu. Mentimun, bisa membantu menyingkirkan selulit yang mengganggu penampilan. Sayuran ini membantu mengeluarkan penumpukan cairan berlebih di dalam tubuh sekaligus memadatkan kolagen di kulit. Makan atau menaruh potongan mentimun di atas kulit merupakan metode yang diyakini bisa membantu proses penghilangan selulit lebih efektif.

3. Mengurangi Stres
Tak hanya tinggi nutrisi dan rendah kalori, mentimun juga ampuh meredakan stres dan membuat relaks. Ambil satu buah mentimun lalu iris-iris dan tempatkan dalam wadah berisi air mendidih. Senyawa kimia dan nutrisi di dalam mentimun akan bereaksi terhadap air panas dan melepaskan uap yang menciptakan aroma menenangkan.

4. Menyehatkan Kulit
Mentimun kaya akan ascorbic acid dan caffeic acid yang berkhasiat mencegah penumpukan cairan di dalam kulit. Artinya, mentimun berfungsi mengurangi bengkak di bawah mata dan membantu meredakan peradangan pada kulit, sehingga kompleksi kulit terlihat segar dan lebih muda.